Punakawan di kenal dunia Internasional melalui board game :D

Image

Punakawan, sebuah permainan papan yang mengisahkan pewayangan sunda, dirilis versi internasionalnya secara resmi. Untuk satu set permainan, harga yang dipatok mencapai 35 dollar AS.

Peluncuran Punakawan versi internasional dilakukan di Bandung, Jumat (5/10/2012) malam, oleh produsennya yakni Kummara. Hadir beberapa nama yang terlibat dalam perancangan permainannya yakni Eko Nugroho maupun Rio Frederico.

Eko menerangkan, permainan Punakawan menempatkan pemain sebagai punakawan atau pengiring tokoh pewayangan. Empat karakter yang bisa dimainkan adalah Cepot, Dawala, Gareng, dan Semar. Dengan bergerak di bagian tengah papan, token berupa tokoh punakawan harus bisa mencari bayi tokoh pewayangan yang bersembunyi di bawah bantal. Pemenang ditentukan dari pemain yang paling banyak menemukan bayi paling banyak.

Image

“Permainan ini mengasah kemampuan mengingat dan bisa dilakukan oleh segala usia,” ujar Eko.

Andre Dubari, Marketing Kummara, menuturkan bahwa ada beberapa perubahan di versi internasional dibandingkan versi sebelumnya yakni pemilihan warna bantal yang kini hanya ada dua jenis untuk membuat permainan semakin acak sehingga lebih menantang.

Selain aturan permainan yang disiapkan secara bilingual yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, ada pula halaman yang menyertakan latar belakang di karakter dalam permainan tersebut. Selain ilustrasi karikatur, terdapat foto wayang golek dari karakter bersangkutan.Image

“Halaman ini sekaligus cara untuk memperkenalkan kesenian wayang golek dari Jawa Barat,” kata Andre.

Perbedaan lainnya, token atau bidak yang dipakai bermain kini menggunakan kayu. Sebelumnya, token terbuat dari kertas yang dilipat.

Untuk sementara, Punakawan versi internasional bakal diproduksi secara terbatas, di bawah 100 unit. Andre mengatakan, pihaknya masih mencoba menjalin kerja sama dengan penerbit permainan papan kelas atas seperti Hasbro untuk membantu distribusi permainan mereka. ( Kompas 2012/10/06 )

 

Tinggalkan komentar